-->

other blogger

Monday, October 10, 2011

Mengembalikan data yang terhapus

sore semuaaaaaa. *big smile*
tadi pagi gw lagi chit chat ama temen, isi perbincangannya sih rahasia banget, yaaa seputaran berita terkini teman-teman kita dan juga becandaan-becandaan ringan ampe berat. <---- rahasia gelaaaa kan.

nahhh pas lagi seru2nya chat, si temen gw ini bilang "duh dli, gw panik nih. gw mw nangis nih" , dalem hati gw banyak tanda tanya, perasaan tadi nih orang ga gw apa2in dah, ga gw tembak juga kan ya (berusaha mengingat kalo gw tadi ga keceplosan nembak nih orang), kenapa jadi mw nangis. akhirnya karena rasa penasaran dan juga perasaan care kepada seorang temen, ya gw basa-basi tanya "kenapa lo? kok jadi mw nangis?" terus dia curhat lah, kalo data penting dia di memory card ga sengaja kehapus dan belum sempet di backup.

entah karena naluri gw yang kuat sebagai seorang lulusan IT (ga pengen dong harga diri gw turun karena perkara ini berhubungan dengan IT) atau karena gw ga pengen ngebayangin temen gw yg satu ini bersedih hati, walhasil gw melakukan pencarian di eyang google, dan lo tau dong kalo udah nyolek2 si eyang mah kemungkinan hal yang di cari 80% ketemu, sisanya 20% itu tuhan yang menentukan atau emang lo lagi apes banget.


dan singkat cerita pencarian gw bersama sang eyang, akhirnya gw menemukan software bernama Recuva. Tadinya gw ga yakin kalo nih software bisa mengembalikan data yg hilang, karena di kepala gw, itu tulisan kebacanya "berduka" hahahaha, mungkin efek ga pake kacamata kali ya.

sebelum gw memberikan secercah harapan ke temen dengan mengatakan gw bisa mengembalikannya, gw melakuka sedikit reka ulang dengan menggunakan memory card SD yang gw punya, kalo kalian semua mw menemani gw melakukan reka ulang, bisa mengikuti gambar - gambar dibawah ini yah. : D


pertama-tama gw membuat folder di dalam memory SD card gw dengan beberapa file sebagai kelinci percobaan.


ini saat-saat dimana gw menghapus isi dari folder tersebut.

Step 1. Run Recuva

Step 2. choose which format file

Step 3. choose location, where were the files?

Step 4. Check the deep scan ( Recommended )

Step 5. Processing

Step 6. Data show and choose the file which will be recovered

Step 7. Select location for recovery result.

dannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
taraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Last Step. Data back ;-)

maap kalo kepanjangan yak,

gw kasih tau lah ke temen gw,  :nih sepertinya gw menemukan software yang bisa ngembaliin data deh"

dan akhir dari cerita ini adalah perasaan bahagia dari temen gw  karena datanya berhasil dikembalikan, yihaaaaaa. sharing is caring. senangnya bisa membantu.

semoga tips ini sedikit membantu yah, ingat teknologi selalu bergerak cepat, lambat laun cara ini mungkin sudah tidak dapat digunakan lagi. : - )

nih sharing untuk software recuvanya, ada untuk bit 32 dan 64: RECUVA a.k.a BERDUKA


2 comments:

Vera "Bubun" Chan said...

nice inpoh gan

Unknown said...

sama-sama gan, semoga bermanfaat >.<

btw, kemana aja ente. wkwkwk. sana bikin itinerary gih, hus hus. tar kita diskusiin.