-->

other blogger

Sunday, November 20, 2011

Akhir tahun 2009 silam

Siang semuaaaaaaa,
Tadi pagi secara ga sengaja gw buka twitter dan ga sengaja( kalo ini gw ga boong, Sueerr!!! ) baca timeline @BackpackSeru, nah di timelinenya ada sesuatu yang menarik yang ngebuat gw sedikit flashback yg dalam bahasa pujangganya itu mungkin "mengenang masa-masa indah dulu" ke perjalanan yg pernah gw lakuin. "Yaelahh, emang apaan sih timelinenya? ampe lo bikin tulisan gini, lebay deh.", nahh penasaran kan lo? nih gw tunjukin penampakannya.

Ngebaca tulisan yg begini si rasanya ga hanya gw aja yang jadi kerepotan buat berusaha inget-inget "pernah ga yah gw?" atau "nyasar nyasar nyasar, coba mengingat" pasti juga ngebuat kalian ngeflasback, ngebelek kepala, ngobok2 isinya dan mengetikkan keyword "nyasar waktu traveling" kedalam search field yang ada di memory kepala. ya kaaaa? bener kan? pasti dikepala lo sekarang lg menginget2 jg.
Mencoba menemukan kalimat yg mengandung "nyasar yang jadi kocak", "nyasar yang jadi seru" dan "nyasar yang bikin itu jadi sebuah nyasar yg tak terlupakan."

Nahhhh, berhubungan dengan timeline ini jadilah gw mw sharing sedikit cerita nyasar gw. Waktu itu di akhir tahun 2009, waktu dimana gw dan ke tiga temen melakukan backpacking yg gembel dari malaysia ke Thailand ke Kamboja dan hampir ke Vietnam.
Kita ber-empat setuju menyebut perjalanan itu dengan "perjalanan satu tahun atau trips a year", yaaa walaupun total perjalanan itu hanya kurang lebih 30hari, tapi di itinerary kita melewati/mengakhiri tahun 2009 dan memulai tahun 2010. Mungkin terdengar agak lebay yaaa, tapi biarin waee lah, pan perjalanan aink kumaha aink waeeeh. hahahahahah.

Di "perjalanan satu tahun" itu gw menghabiskan malam tahun barunya di Aranyaprathet, sebuah kota kecil di bagian timur atas Thailand yang berbatasan langsung dengan kota Poipet, sebuah kota yang masuk dalam kawasan negara Kamboja.
pastinya lo semua bertanya, "dari tuh sekian negara yg kita lewatin, kenapa gw dan temen-temen memilih Aranyaprathet sebagai tempat buat ngabisin tahun 2009? emangnya ada apaan sih di tuh kota, ada spot yg baguskah atau tempat2 terkenal kah?"

Nah jadi begini ceritanya,, jrejenggg jeng jenggggg ( dengan backsound kismis: kisah - kisah misteri )



Sebenarnya di itinerary "perjalanan satu tahun" yg udah dibuat itu tertulis bahwa kita akan menghabiskan malam tahun baru 2009 di bangkok, ibu kota Thailand -Land of Smile- (itu rencananyaaaaaa). Udah bisa ditebak dongggg rencana tinggal rencana, hanya menjadi sebuah rencana perjalanan, sebuah rencana yang tertulis di kertas kosong.
Ketika perjalanan berlangsung kita semua seakan terhipnotis dan termanjakan oleh nikmatnya pemandangan dan perjalanan menjelajahi thailand selatan, meliputi krabi, phuket, phi phi island, suratthani dan sekitarnya. Tanpa disadari kalo jatah kita menjelajahi thailand selatan itu melebihi batas hari yg ditentukan.
Tujuan selanjutnya itu kota bangkok, tempat dimana kita seharusnya melewati pergantian tahun, tapi karena waktu yg molor jadinya kita diskusi dan semua sepakat bahwa menikmati kota bangkoknya ditunda dulu aja, ntar aja pas kembali dari Vietnam ke Malaysia. Perjalananpun dilanjutkan tanpa sempat nongkrong ataupun ngencingin kota bangkok dan menjadi  awal kenapa gw terdampar di Aranyaprathet.

Hari itu tepat tanggal 31 Desember 2009 kita terdampar di sana, kota yang memang biaya hidupnya murah pisan dari makanannya sampai harga barang-barangnya dan tentunya penginapan, ga nyampe 60rebu rupiah kita dapetin kamar dengan 2 kasur dobel dan kamar mandi didalem, kurang murah apa coba tuh, yang artinya cuma 15rebu semalem/orang. Ga pengen kehilangan moment perayaan tahun baru,  rencana kembali disusun dengan mateng teng teng, berbekal guidebook kita baca happening place di aranyaprathet, kita tidur, kita bangun, kita tanya ke resepsionis buat mastiin dimana happening place tersebut. Buku ditutup dan kita menjalankan rencana bagian pertama yaitu tidur. bagian kedua dari rencana itu dilakukan sekitar jam 5 sore, mandi dan siapa-siap.
Turun bertanya ke resepsionis, kita dibekali peta tangan alias oret-oretan di kertas yang mungkin dibacanya
"dari sini lurussssss, belok kanan, gang ke dua ambil kiri, terus luruss lagi, belok kiri dan lurus aja, nanti banyak kok orang-orang kumpul disana"

Bermodalkan oret - oretan ga jelas itu, gw dan kedua temen berusaha mengimplementasikan peta tangan tersebut setelah kembali dari makan malam.
"Ini malem tahun baru kok sepi bener ya." celoteh temen
"Mungkin mereka udah pada ngumpul disana kalii" sambut gw memberikan semangat
"palingan disini ga ngerayain hal-hal beginian" sambung temen yg lain, yg secara ga sadar sedikit merusak harapan yg indah.
Muter-muter ngikutin arahan peta tangan dan ga juga nemuin tempat rame itu sebuah pertanda kalo kita nyasar, yaeyalah nyasar, ga ada lebih dr 10jam di sana aja berlaga kaya yg udah tinggal 1bulan aja. ck.ck.ck. Pencarian dilanjutkan dengan bertanya ke tempat makan disekitar jalan; hasilnya nihil malah buang-buang tenaga, karena mereka semua ga bisa ngomong bahasa inggris jadi ngotot-ngototan nanyanya _-" .
Ga kehabisan akal, ide yg muncul dikepala adalah mengikuti segerombolan orang yg rapih dan rame, karena sesuai pribahasa "Air beriak tanda tak dalam", eh salah deng, yg bener "Dimana ada gula disitu ada semut". Jadilah kita mengikuti mereka dari jarak kurang lebih 15meteran, 10 menit berlalu ada secercah harapan datangnya dari seberang jalan, diseberang jalan semakin banyak gerombolan kawula muda berpakaian rapih dan "seksih" betebaran disana, naluri laki gw sih pengen langsung nyebrang jalan dan mengikuti yg diseberang sana, tapi itu dibatalin karena gw harus berfikir 2x, "Ini Thailand bung, jgn sampai Pisang makan Pisang ente bung." 
30 menit berlalu, waktu menunjukan pukul 11.45, 15 menit sebelum hitung mundur. Tenang sob, kalo sekarang mah kita yakin kok ga nyasar, soalnya udah banyak banget orang-orang yg dijalan menuju arah yang sama, suatu tempat yang kita berasumsi bahwa disanalah tempat masyarakat sekitar melewati pergantian tahun.

Yes, kita udah masuk ke gerbang nih, gerbang mirip gapura gitu, kaya pintu depan masuk ke taman dan didalem tamannya udah banyak banget orang-orang ngumpul, ramelah pokoknya. Karena waktu udah mepet, gw  ama temen-temen sedikit mempercepat gerak dengan lari kecil nyelip-nyelip ke kerumunan orang, pengen banget ada didepan dan ngeliat kembang apinya bakalan kaya gimana sih. Maklum orang dari kampung, jarang ngeliat yg beginian. hahahahah. Saat itu mungkin jarak gw dengan titik pusat dari kerumunan sekitar 10 meteran dan didepan gw masih penuh dengan orang orang yg berusaha kedepan dan juga diem ditempat.
Sayup-sayup kedengeran suara bunyi lonceng tangan, "crenteng... cerenteng... cerenteng..." lonceng yg biasa di bunyiin ama pemburu vampir cina biar tuh vampir ngikutin dia. Karena penasaran, akhirnya ngebuat gw dan temen-temen buat maju dan pengen ngeliat ada apaan disana.

Jrenggg jrenggg jrenggg jrennggggg, coba lo tebak ada apaan di depan sana?

Ada pendeta cuyyyy, 2 pendeta yg satu bunyiin lonceng dan atu lagi megangin 3 apa 4 lembar daun gitu (lupa berapa totalnya karena gw ga terlalu depan juga) dan orang-orang berebut antri buat di cipratin daon ama pendeta itu. Di otak gw itu, "wueeeedaaaaannnnnnnn, kumaha yeh. masa mentang-mentang tahunnya ganti, agama gw juga ikut-ikutan ganti sih, streeesss ini mah"
Ngeliat muka temen-temen, gw tau yang ada di otak dia sama ama yang ada di otak gw. Ini hal konyol, mw mundur kebelakang, itu berarti gw harus melawan arus ama orang-orang yang berusaha maju, jugaaa takut dicurigain ama orang-orang sekitar. wkwkwkwkwk. Sumpah itu dag dig dug gemeteran cuy, walhasil kita bertiga tanpa sempet berdiskusi melakukan aksi konyol masing-masing, berakting agar bisa keluar dari tempat itu.

Gw, yang ada di otak gw itu adalah berpura - pura dapet telp dr seseorang, walhasil gw taro tuh telp di kuping dan berlaga dapet telp. Sambil berusaha gerak kearah luar, biar ga dicurigain ama orang-orang gw berulang kali ngucapin "khap khap khap" <--- bahasa thailand yg mirip-mirip ama "injeh injeh injeh". 
Gimana temen gw? mereka ngelakuin hal yg sama gilanya, yang satu pura-pura sakit flu dengan bersih-bersih yang dibuat-buat sambil megang idung dan kening seakan akan kepala dia juga sakit dan yang satu lagi mengikuti gaya gw, berpura pura mendapatkan telp. hahahahah.

Sampai semua berhasil keluar gerbang, kita semua ngakak ga ada abisnya, kacauuuuuuu bukan kembang api  yang keluar malah biksu-biksu yang keluar. Tapi di pikir-pikir yah, di sini orang-orang ngerayain tahun baru dengan pergi ke tempat peribadatan mereka, sepertinya untuk meminta doa keberkahan ditahun depan melalui pemimpin agama. Kenapa orang Jakarta juga ga melakukan hal yang sama ya? daripada muter-muter ga jelas atau nonton konser yg gw rasa bisa di lihat lewat tv, kenapa mereka ga menghabiskan waktunya kumpul bareng keluarga aja, introspeksi diri, mereview resolusiyg dibuat tahun lalu, berdoa dan membuat resolusi untuk tahun yang baru yah? hmmmm, mungkin karena di kota kali yah jadi udah beda penerapannya atau juga mungkin ada sebagian yg masih melakukan hal ini. Yang pasti mah tahun baru aink, kumaha aink waeeehhh. hahahaha

Setelah acara nyasar gokil ntu, gw balik ke penginapan, gimana caranya bisa tau, itu hanya gw, dua temen gw dan tuhan yang tau. Sambil tetep ngebahas kejadian kocak dan konyol tadi, gw juga membuat beberapa resolusi untuk tahun yg baru.

nah, ntu tuh acara nyasar gw, hahahah. sampai sekarang aja gw masih inget secara pasti dan detail kejadiannya, bener-bener kejadian kocak yg indah dah. hahhahahah. gw yakin kalian juga punya cerita nyasar yg ga kalah seru, saran gw adalah ingat atau kalau perlu ditulis, biar nanti bisa lo ceritain dah ke anak atau cucu lo. hahahahah.

bye :)




2 comments:

Anonymous said...

HaHaHaHaHaHaHaHaHaHaHaHaHaHaHa..... Aduh, pecah perot gw.... =D Gw ga dapat bayangi ni gimana muka kalian di saat kejadian itu...8-D Kalo dirakam seru ni nonton rakamannya, bisa2 jd favorite video kalo dimasukin dlm youtube... =D Ngomong2 ada ga rakamannya?
Walau gimana pun thanks ya n ajzkh, udah menghibur gw...
Sapa2 yang lagi sedih gw saranin baca article ini, dijamin akan tersenyum semula... =D
Okey, salam dari gw... Bye...
From: miss sri

SiLv3R said...

Wahahaa, i'm giggling here. :))